Fasilitas yang ada Pada IAIN Batusangkar
Selain itu Program
Studi menyiapkan fasilitas
komputerisasi. Untuk meningkatkan wawasan mahasiswa secara mandiri
dibidang keilmuan, Program Studi telah menyiapkan ruang referensi yang sangat
representatif dan Program Studi selalu menambah dan meng update teksbook, jurnal terbaru, dll.
Fasilitas Information
and Communication Technology (ICT) sudah menjadi kebutuhan dasar mahasiswa
dalam melakukan akses internet secara mandiri maupun kolektif dalam bimbingan
Dosen. Juga bagi mahasiswa yang telah mempunyai laptop dapat melakukan akses
internet secara free di gazebo-gazebo
yang telah dilengkapi fasilitas hotspot.
Sistem informasi dan fasilitas untuk kegiatan
pembelajaran yang tersedia, yaitu:
1. Hardware
IAIN
Batusangkar memiliki 150 unit komputer yang ada pada lima labor komputer, tiap
labor mempunyai akses internet sehingga semua labor dapat digunakan mahasiswa
untuk kegiatan pembelajaran. Dalam rangka menambah kemudahan dalam kegiatan
pembelajaran dan akses data untuk dosen, disediakan juga sebanyak 71 unit
komputer yang diletakkan pada setiap ruangan dosen IAIN Batusangkar. Kegiatan
pembelajaran juga menggunakan lima unit komputer server yang berfungsi
mengelola penggunaan komputer yang terdapat pada labor komputer, satu unit
komputer server untuk pengelolaan sistem informasi terpadu (e-Campus),
satu unit komputer server untuk
penyimpanan file bahan perkuliahan (repository), dan satu unit komputer
server untuk backup storage data.
Koneksi
untuk tiap komputer dalam jaringan lokal (intranet) IAIN Batusangkar
antar gedung menggunakan empat unit access
point dan tujuh unit untuk titik hotspot yang mencakup seluruh area dalam
lingkungan IAIN Batusangkar termasuk ruang kuliah yang dapat membantu dosen
terkoneksi dengan sistem informasi terpadu (e-Campus)
untuk melakukan absensi perkuliahan secara online , sedangkan untuk
jaringan dalam gedung dihubungkan melalui kabel jaringan yang didistribusikan
melalui 39 unit hub switch.
Menghubungkan jaringan lokal (intranet) IAIN Batusangkar dengan jaringan
luas (internet) digunakan empat buah router
yang terkoneksi kepada jaringan fiber optik penyedia layanan jasa internet.
Keseluruhan ruangan kuliah sebanyak 134 ruangan yang terdapat pada IAIN Batusangkar,
termasuk ruangan kuliah pada Program Studi Hukum Ekonomi Syariah sudah
dilengkapi dengan projector yang terpasang
permanen, sehingga memudahkan proses pembelajaran.
2. Software dan Aplikasi
Aplikasi
yang digunakan dalam pembelajaran pada Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Fakultas Syariah IAIN Batusangkar meliputi aplikasi yang digunakan untuk
pembelajaran pada seluruh Program Studi dan aplikasi yang digunakan khusus pada
Program Studi tertentu, sedangkan untuk lisensi yang digunakan terdiri dari
lisensi berbayar dan gratis. Aplikasi yang dipakai oleh Program Studi, yaitu:
Nama
Aplikasi
|
Jenis
Lisensi
|
Fungsi
Aplikasi
|
Prodi
Pengguna
|
Zahir Accounting
|
Gratis untuk pendidikan
|
Pembelajaran pada bidang ekonomi akuntansi
|
Hukum
Ekonomi Syariah
|
Bank mini
|
Berbayar
|
Pembelajaran aplikasi lembaga keuangan
|
Lembaga keuangan Syariah
|
Aplikasi Hitung Zakat
|
Gratis
|
Pembelajaran perhitungan zakat
|
Hukum
Ekonomi Syariah
|
a.
e-Learning
Sistem informasi terpadu (e-Campus) IAIN Batusangkar sendiri
sudah mengakomodir model pembelajaran e-learning, dimana transaksi belajar
mengajar sudah bisa dilakukan secara online seperti bahan perkuliahan, tugas
perkuliahan, serta buku untuk bahan ajar yang bisa di-upload
dan di-download
oleh mahasiswa dan dosen. Untuk dapat menggunakan sistem e-learning pada e-Campus
IAIN Batusangkar memang diberi batasan hanya untuk mahasiswa dan dosen yang
belajar mengajar pada IAIN Batusangkar, dan dapat diakses pada laman
e-campus.iainbatusangkar.ac.id, untuk pihak lainnya disediakan aplikasi e-learning
berbasis Content Management System (CMS)
Moodle yang dapat diakses pada subdomain
e-learning.iainbatusangkar.ac.id.
b. e-Library
Untuk
mengelola koleksi perpustakaan IAIN Batusangkar menggunakan aplikasi
perpustakaan berbasis web yang dapat diakses pada alamat www.iainbatusangkar.ac.id. yang memberikan
akses terhadap seluruh koleksi perpustakaan. Aplikasi berbasis web tersebut
merupakan aplikasi Sistem Manajemen Perpustakaan Senayan yang mempuyai lisensi
terbuka yang lebih dikenal dengan nama “Senayan Library Management System”
(SLiMS). Untuk saat ini IAIN Batusangkar memakai Aplikasi Senayan versi terbaru
yaitu versi SliMS 7 dengan kode nama “Cendana”. Untuk panduan penggunaanya
dapat diunduh langsung pada website resmi pengembangnya di slims.web.id/download/docs/s7-cendana-doc-id-v.1.pdf.
c.
e-Jurnal
Untuk
mengakomodir penerbitan jurnal secara online bagi sivitas akademika IAIN Batusangkar
maka digunakan aplikasi jurnal online yang dapat diakses pada laman ojs.iainbatusangkar.ac.id.
d.
Gudang Data (Repository)
IAIN
Batusangkar menyediakan gudang data yang berkapasitas satu tera byte untuk
menampung kebutuhan penyimpanan file bahan perkuliahan yang bisa dipergunakan
untuk upload dan download oleh dosen dan mahasiswa serta pengguna
umum lainnya. Gudang data ini dapat diakses melalui jaringan intranet maupun
internet dengan alamat akses rangkiang.iainbatusangkar.ac.id.
Untuk administrasi digunakan program
e-campus yang melayani informasi mahasiswa baru, pendaftaran mata kuliah,
proses kuliah, penilaian, wisuda, dan hal lain yang berkaitan dengan
administrasi perkuliahan.
Dengan
Jumlah mahasiswa IAIN Batusangkar 5.287 orang dan jumlah bandwidth internet sebesar 100 Mbps maka setiap mahasiswa akan mendapatkan kuota
bandwidth sebesar 19,37 Kbps
per mahasiswa. Mahasiswa bisa mengakses website IAIN Batusangkar berikut ini:
Nama
sistem informasi
|
Alamat
akses
|
Keterangan
|
Website resmi
|
Domain utama
|
|
Email resmi
|
Email resmi
|
|
e-Campus
|
Sistem informasi terpadu
|
|
Sistem informasi akademik
|
Subsistem dalam e-Campus
|
|
Sistem informasi keuangan mahasiswa
|
Subsistem dalam e-Campus
|
|
Sistem informasi kepegawaian
|
Subsistem dalam e-Campus
|
|
Sistem informasi pengumuman
|
Subsistem dalam e-Campus
|
|
Sistem informasi aset
|
Subsistem dalam e-Campus
|
|
Sistem informasi wisuda
|
Subsistem dalam e-Campus
|
|
Sistem informasi pengumuman internal
|
Diakses dalam jaringan lokal (intranet)
|
|
Sistem informasi persuratan
|
Tata persuratan internal
|
|
e-survei
|
Pengukuran tingkat kepuasan
|
|
e-alumni
|
Pendataan dan pengelolaan alumni
|
|
e-pustaka
|
Pendataan dan pengelolaan koleksi perpustakaan
|
|
e-jurnal
|
Pendataan dan publikasi jurnal
|
|
Sistem informasi penelitian dan pengabdian masyarakat
|
Pengelolaan informasi penelitian dan pengabdian
masyarakat
|
|
Gudang Data (repository)
|
Penyimpanan data bahan perkuliahan
|