AKHIR PEKAN, MAHASISWA HUKUM EKONOMI SYARIAH MENYIAPKAN PERBEKALAN

AKHIR PEKAN, MAHASISWA HUKUM EKONOMI SYARIAH MENYIAPKAN PERBEKALAN



Begitulah istilah yang sangat sesuai terhadap kegiatan diskusi bersama yang diselenggarakan oleh HMJ HES bidang pengkajian 2021. Yang mana kegiatan diskusi bersama tersebut dilaksanakan secara virtual melalui google meet dengan materi kiat-kiat sukses studi HES dengan dua versi, yaitu versi Dosen dan versi Alumni.

Kedua versi tersebut dilaksanakan secara terpisah dengan pemantik yang pastinya juga berbeda. Untuk versi Dosen, dilaksanakan pada Diskusi Bersama ke-2 pada hari Sabtu, 7 Agustus 2021, dengan pemantik nya langsung dari ketua jurusan Hukum Ekonomi Syariah, fakultas syari'ah IAIN Batusangkar, yaitunya Ibuk Hidayati Fitri, S.Ag., M.Hum.

Dalam materi yang beliau sampaikan, sangat banyak motivasi dan kunci-kunci agar dapat meraih kesuksesan, khususnya dalam hal perkuliahan, beliau menyampaikan bahwa sebuah sukses lahir tidak secara kebetulan, sebuah sukses lahir karena keyakinan, kesungguhan, perjuangan, dan pengorbanan. Ini merupakan ungkapan yang sangat luar biasa dan memiliki makna yang begitu dalam, makna dari masing-masing kata yang terdapat dalam ungkapan tersebut semua dijelaskan oleh beliau saat itu.

Selain itu, beliau juga memberitahukan kunci-kunci sukses dalam kuliah, setidaknya ada 8 kunci, diantaranya:
1. Motivasi untuk berprestasi
2. Sabar
3. Manajemen diri
4. Memahami karakteristik dosen
5. Menjalin komunikasi dengan teman
6. Berdo'a
7. Bersyukur
8. Menghormati dan memuliakan dosen

Dan sebetulnya masih banyak lagi kunci sukses yang dapat dibuat, dan kunci tersebut tergantung kepada masing-masing diri mahasiswa untuk menambahnya dan memetakan kunci tersebut agar dapat terealisasikan dengan baik.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruha, materi yang disampaikan oleh beliau adalah sangat menekankan kepada sikap dan etika seorang mahasiswa untuk dapat meraih kesuksesan, khususnya dalam hal kuliah, baik itu sikap terhadap dosen, teman, maupun dalam hal mengontrol diri sendiri.

Rencananya kegiatan diskusi bersama ke-3 dilaksanakan pada Minggu berikutnya, akan tetapi pada Minggu tersebut, setelah diksusi bersama ke-2, bidang pengkajian mengangkat sebuah acara webinar hukum yang cukup bergengsi karena membahas tentang isu ekonomi yang sangat hangat dibicarakan saat ini, yaitunya tentang Economic Digital and Cryptocurrency dalam pandangan Hukum Ekonomi Islam. Tepatnya dilaksanakan pada hari Kamis, 12 Agustus 2021, jam 08.00 WIB.

Sehingga 2 Minggu kemudian, tepatnya pada hari Minggu, 22 Agustus 2021, hmj HES bidang pengkajian kembali mengangkat kegiatan diskusi bersama ke-3, masih  dengan materi yang sama dengan sebelumnya, akan tetapi dengan versi yang berbeda, yaitu Kiat-kiat Sukses Studi HES versi Alumni, yang pemantik nya adalah Kakanda Ridwan Hidayat, S.H, beliau adalah alumni HES  yang berprestasi dan memiliki banyak pengalaman dalam organisasi, diantaranya adalah Ketua Asosiasi Hukum Ekonomi Syariah Indonesia (ASHESI) Sumbar (Regional) tahun 2017, Bendahara Umum SEMA Fakultas Syariah tahun 2018, dan masih banyak lagi.

Dari awal penyampaian hingga akhir, beliau lebih memfokuskan pembahasan materi tentang manajemen. Manajemen ini sangat sangat beliau tekankan, karena jika manajemen seseorang itu bagus, maka semua urusan dan pekerjaan yang akan dilakukan nya akan tertata, tersusun, dan dapat berjalan dengan lancar. Karena dalam manajemen tersebut, setidaknya ada 4 prinsip penting yang menjadi kunci sukses dalam melakukan pekerjaan apapun, yaitunya:
1. Planning (Perencanaan)
2. Organizing (pembagian tugas)
3. Actuating (aksi/tindakan)
4. Controlling (pengawasan/evaluasi)

Ke empat prinsip tersebut harus dipenuhi oleh mahasiswa, karena 4 prinsip tersebut menjadi syarat penting dan tidak akan dapat dihilangkan atau dipisahkan dari seseorang yang ingin meraih kesuksesan.

Selain itu, kesuksesan seseorang itu tidak bisa dinilai sebatas finansial saja, akan tetapi kesuksesan itu lebih kepada bagaimana seseorang itu dapat me manejemen dirinya agar dapat selalu berproses ke arah yang lebih baik setiap hari nya, Sehingga mampu mencapai apa yang telah menjadi tujuannya. Begitulah yang disampaikan oleh beliau pada closing statement. Dan merupakan akhir dari kegiatan tersebut.

Dengan demikian,  kegiatan diskusi bersama ke-2 dan ke-3 tersebut, yang membahas kiat-kiat sukses studi HES secara berturut-turut, dapat memberikan tambahan pengetahuan, wawasan, dan pengalaman bagi mahasiswa/i HES yang nantinya dapat menjadi perbekalan dalam meraih kesuksesan di bangku perkuliahan. Dan tentunya dapat meraih kesuksesan dan kebahagiaan di dunia dan di akhirat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IAIN Batusangkar

  • Jalan :Kubu Rajo No.127
  • Daerah :Limo Kaum, Batusangkar, Kab.Tanah Datar, Sumatera Barat
  • Negara :Indonesia
  • Email :hes@iainbatusangkar.ac.id

Hubungi Kami :

Untuk informasi lebih lanjut

Name*


Message*


Contact

vvvvvv

  • Jl.Sudirman No.127 Kuburajo Limo Kaum, Batusangkar.
  • (0752) 71150, 574221, 71890
  • hes@iainbatusangkar.ac.id
  • https://hes.batusangkar.ac.id

Pages

Created By IT Fakultas Syariah