DISKUSI BERSAMA HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TAHUN 2021

DISKUSI BERSAMA HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TAHUN 2021



Dengan ucapan Alhamdulillahirabbil'alamiin, telah sukses dilaksanakan acara pembukaan kegiatan diskusi bersama sekaligus diskusi perdananya pada Kamis, 29 Juli 2021 pukul 16.15-17.50, yang mana kegiatan Diskusi Bersama tersebut merupakan salah satu program kerja dari Bidang Pengkajian HMJ HES periode 2021. Program kerja tersebut dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Hukum Ekonomi Syariah IAIN Batusangkar, Ibuk Hidayati Fitri, S.Ag., M.Hum, yang sebelumnya menyampaikan apresiasi yang sangat luar biasa dan dukungan serta motivasi kepada bidang pengkajian HMJ HES khususnya, dan seluruh mahasiswa/i Hukum Ekonomi Syariah pada pada umumnya Agar dapat terus melanjutkan kegiatan positif ini, dan sama-sama mengikuti nya dengan sebaik mungkin, yang nantinya akan berdampak langsung terhadap meningkatnya pengetahuan, wawasan, dan analisa dari masing-masing mahasiswa, serta yang tidak kalah penting sekali adalah kegiatan tersebut juga akan mempererat silaturahmi antar sesama keluarga besar HES IAIN Batusangkar dari masing-masing angkatan, hingga dengan semua alumni mulai dari angkatan pertama dulu hingga mahasiswa baru BP 2021 tahun ini. Hal ini akan sangat mungkin untuk dapat dicapai karena acara tersebut juga sudah langsung dihadiri oleh beberapa orang mahasiswa baru angkatan 2021 yang baru lulus dan sebetulnya belum masuk kuliah, akan tetapi mereka sudah langsung diperkenalkan secara tidak langsung dengan senior-senior dan para alumni mereka di jurusan Hukum Ekonomi Syariah karena selain di hadiri oleh Maba 2021, acara tersebut juga dihadiri oleh beberapa orang alumni dan juga akan terus berlanjut pada diskusi bersama kedepannya.  Pengikutsertaan Maba 2021 dalam acara tersebut merupakan inisiatif langsung dari Ketua Umum HMJ HES 2021, Muhammad Sandi, yang dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi kepada bidang pengkajian HMJ HES yang telah berhasil mengangkat acara tersebut walaupun masih dalam keadaan pandemi tetapi masih tetap bisa berkreativitas dsn berinovasi untuk mengangkat kegiatan diskusi bersama tersebut.

Salah satu dari alumni HES yang sekarang adalah dosen di IAIN Bukittinggi langsung menjadi pemantik pada diskusi perdana yang dilaksanakan setelah pembukaan, yaitu Febby Irfayunita, S.Sy., M.E. Diskusi perdana tersebut membicarakan tentang "Mahasiswa HES untuk apa dan mau kemana?". Dalam penyampaiannya, beliau sangat memberikan pesan yaitu bukan dimana kamu bersekolah tapi bagaimana kamu bersekolah. Sekolah/kampus belum tentu menjamin kamu sukses dan bernilai, tapi diri kamu sendirilah yang bisa membuat kamu sukses dan bernilai. Ungkapan ini merupakan ungkapan yang sangat sangat luar biasa dan penuh motivasi bagi semua peserta diskusi. Selama penyampaian nya, selain memaparkan profil-profil pekerjaan yang dapat diperoleh oleh lulusan S1 HES, beliau sangat lebih menekankan untuk memberikan semangat kepada mahasiswa untuk selalu rajin dan giat dalam menuntut ilmu, karena walau bagaimanapun, apapun pekerjaan yang didapatkan nanti, tidak akan pernah ada yang sia-sia, karena janji Allah itu pasti, setiap orang yang berilmu akan ditinggikan derajatnya. 




Kemudian, diskusi dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab/dialog, dan dalam sesi tersebut alumni yang lain yang saat ini merupakan Hakim di Pengadilan Agama Sijunjung, yaitu Robbil Alfires, S. Sy juga memberikan sedikit pandangannya mengenai pertanyaan yang muncul, kemudian apresiasi, serta ungkapan yang sangat luar biasa, yaitunya kegiatan diskusi bersama ini sangat bagus sekali dalam rangka menjalin hubungan silaturahmi, yang nantinya akan semakin terikat kuat, dan jika sebuah hubungan sudah terikat dengan kuat, maka segala macam bentuk rintangan, cobaan, dan semuanya akan dapat dengan mudah untuk diselesaikan dan dicarikan solusinya, dengan demikian tidak akan ada yang namanya kesulitan terjadi tanpa solusi, kebingungan tanpa jalan keluar, dan lain sebagainya. Karena semua pihak baik mahasiswa yang masih aktif maupun alumni sudah sama-sama memiliki jiwa dan rasa peduli antar sesama, dan inilah yang sangat diharapkan untuk terwujud nantinya, melalui kegiatan diskusi bersama ini. 

Pada akhirnya, sampai lah pada sesi terakhir dalam diskusi tersebut, yaitu closing statement dari pemantik, yang pada intinya kembali menyampaikan agar tetap semangat, dan jangan ada yang bermalas-malasan, karena yang namanya penyesalan itu pasti datang nya di akhir, oleh karena itu, sebelum penyesalan itu hadir, harus dicegah mulai dari sekarang untuk tidak pernah bermalas-malasan dan selalu semangat dalam perkuliahan. Berakhirnya closing statement tersebut, maka berakhirlah semua rangkaian acaranya, dan Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar sesuai harapan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IAIN Batusangkar

  • Jalan :Kubu Rajo No.127
  • Daerah :Limo Kaum, Batusangkar, Kab.Tanah Datar, Sumatera Barat
  • Negara :Indonesia
  • Email :hes@iainbatusangkar.ac.id

Hubungi Kami :

Untuk informasi lebih lanjut

Name*


Message*


Contact

vvvvvv

  • Jl.Sudirman No.127 Kuburajo Limo Kaum, Batusangkar.
  • (0752) 71150, 574221, 71890
  • hes@iainbatusangkar.ac.id
  • https://hes.batusangkar.ac.id

Pages

Created By IT Fakultas Syariah